Home Info Nasehat Syaikh Prof. Dr. Ashim Al Qaryuti dalam Kunjungan ke Pesantren Hamalatul...

Nasehat Syaikh Prof. Dr. Ashim Al Qaryuti dalam Kunjungan ke Pesantren Hamalatul Quran

304
0

HAMALATULQURAN. COM , Bantul – Pondok Pesantren Hamalatul Quran Yogyakarta kembali mendapat kunjungan seorang ulama, beliau adalah Syekh Prof. Ashim bin Abdullah al Qaryuti hafidzahullah pada Selasa (26/07/22).

Syekh Prof. Ashim bin Abdullah al Qaryuti adalah murid dari Syaikh Nashiruddin al Albani rahimahullah dan guru besar Fakultas Hadis Universitas Muhammad bin Su’ud, Riyadh, Arab Saudi.

Bertempat di Masjid Jami Hamalatul Quran Sanden, Syekh Prof. Ashim bin Abdullah al Qaryuti mengawali kedatangan beliau dengan jalan-jalan keliling Pesantren dan dilanjutkan dengan memberikan tausiyah nasehat kepada para santri, para ustadz dan jamaah yang hadir tentang akhlak penghafal Al Qur’an.

Salah satu faidah yang beliau sampaikan adalah tentang makna ayat surat Fathir ayat ke 29

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu “membaca kitab Allah (Al-Qur`ān)” dan melaksanakan salat dan menginfakkan sebagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepadanya dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perdagangan yang tidak akan rugi.” (Surat Fathir: 29)

Makna dari “yatluuna kitaaballah” adalah :
  • Membaca, namun bukan hanya membaca, akan tetapi juga mengamalkan Al Qur’an,
  • Dengan mematuhi perintah-perintah Al Qur’an dan menjauhi semua larangannya.
  • Perintah Al Qur’an bertingkat – tingkat, yang paling agung adalah tauhid. Maka penghafal Al-Qur’an adalah orang yang terdepan mengamalkan dan membela tauhid.
  • Dan larangan Al Qur’an juga bertingkat – tingkat, larangan yang paling besar adalah syirik. Maka penghafal Al-Qur’an adalah orang yang terdepan meninggalkan dan memusuhi segala bentuk kesyirikan.

 

Selain memberikan nasehat secara umum kepada para santri secara khusus beliau juga memberikan nasehat kepada para guru dan asatidzah pondok pesantren Hamalatul Quran.

“Hendaknya seorang ustadz dapat mengatur waktunya dengan baik serta mempersiapkan materi sebelum mengajar, agar dapat mengajar para santri maksimal. Dan selayaknya tidak membeda-bedakan antar para santri baik yang pintar maupun kurang pintar”, tegas beliau.

Kami ucapkan jazakumullahukhairan kepada Syaikh Prof. Dr. Ashim Al Qaryuti atas nasehat yang telah disampaikan. Tak lupa juga kami ucapkan terima kasih kepada yayasan pendidikan Bimbingan Islam (BIAS) dan yayasan Amal Abadi Indonesia (ANB Channel) yang telah menjadi narahubung untuk kedatangan Syaikh Syaikh Prof. Dr. Ashim Al Qaryuti di pondok pesantren Hamalatul Quran Yogyakarta.

Berikut Galeri kunjungan Syaikh Prof. Dr. Ashim Al Qaryuti di PP Hamalatul Quran:

Previous articleMenyambut Kedatangan dan Masa Orientasi Santri Baru TA. 2022-2023

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here