Home Uncategorized Hiwar Usbu’iy

Hiwar Usbu’iy

83
0

Foto0272 Foto0273 - Copy Foto0274 - Copy Foto0272 - Copy

Bantul (HQ) – Ada pepatah mengatakan “bisa karena biasa” begitu juga “Apa yang sering kamu ulang, kamu akan menguasainya”. Maknanya ialah sesuatu hal apapun itu, jika kita membiasakan dan berulang – ulang dalam melakukannya maka kita akan “ahli” dalam hal tersebut. Sehingga kita dituntut untuk membiasakan kebaikan agar kita menjadi “ahli” dalam hal kebaikan.

Pesantren Hamalatul Quran berusaha membiasakan para santri dalam menggunakan bahasa arab dalam penerapan sehari – hariagar mereka menjadi ahli dan panda berbahasa arab. Salah satu metode yang ditempuh ialah dengan melakukan Hiwar Usbu’iy. Hiwar Usbu’iy ialah sebuah acara yang diadakan tiap ahad pagi dimana para santri dikelompokkan sesuai kelas masing – masing untuk melakukan percakapan bahasa arab dengan pasangan – pasangan yang telah ditentukan.

Acara tersebut berlangsung sekitar 15 sampai 20 menit. Materi percakapan pun ditentukan oleh musyrif hiwar. Musyrif hiwar bertugas mengamati serta menjadi tempat bertanya santri tentang kosa kata seputar tema hiwar. Jika ada santri yang berhenti berbicara (diam) maka akan langsung ditegur dan dipaksa untuk kembali berbicara dengan pasangannya.

Semoga Allah memudahkan langkah kita dalam memahami bahasa agama-Nya

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here