Home Akidah Mengerikan Bahaya Syirik (Part 1)

Mengerikan Bahaya Syirik (Part 1)

203
0
By : unsplash

Setiap kita diperintahkan untuk menjahui semua jenis maksiat, baik itu maksiat hati, maksiat lisan ataupun maksiat badan. Kita juga diperintahkan untuk menjauhi seluruh maksiat, baik yang kecil ataupun yang besar.

Namun ada suatau dosa yang lebih besar dosa nya dari dosa dosa yang lain, yang seharusnya kita lebih menjauhkan diri kita dari dosa tersebut. itulah dosa yang disebut dengan dosa syirik.

Sebagaimana syeikh Muhammad bin Abdul Wahhab rohimahullahu mengatakan dalam kitab Ustul Tsalatsah,

وأعظم ما نهى عنه الشرك، وهو دعوة غيره معه؛ والدليل قوله – تعالى (وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا ) النساء:36

” Larangan yang paling besar adalah kesyirikan, yaitu berdoa kepada selain Allah. Dalilnya firman Allah subhanahu wata’ala,

(وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا )

Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun (QS: Annisa, 36)”

Kenapa kita harus lebih menjauhkan diri kita dari perbuatan syirik?

Pertama: Syirik Dosa Paling Besar

Dosa zina, membunuh, mencuri itu semua tidak lebih besar dari dosa syirik.
Allah subhanau wata’ala berfirman,

وَإِذْ قَالَ لُقْمَانُ لِابْنِهِ وَهُوَ يَعِظُهُ يَا بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّـهِ ۖ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ ﴿١٣﴾

“Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar”. (QS: Luqman, 13)”

Ibnu katsir rohimahullah mengatakat didalm tafsirnya,

( إن الشرك لظلم عظيم ) أي : هو أعظم الظلم

sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar”, maksudnya adalah kesyirikan kedzoliman yang paling besar”

kenapa disebut kedzoliman yang paling besar? Karena syirik adalah bentuk menyamakan tentang makhluk dan khalik, meyamakan makhluk yang penuh kekurangan dengan Allah yang maha sempurna.

Kedua: Allah haramkan surga.

Dosa syirik membuat pelaku nya diharamkan masuk surga oleh Allah subhanahu wata’la,

إِنَّهُ مَن يُشْرِكْ بِاللَّـهِ فَقَدْ حَرَّمَ اللَّـهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ وَمَأْوَاهُ النَّارُ ۖ وَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ أَنصَارٍ ﴿٧٢﴾

“Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolongpun.” (QS: Al maidah,72)

Ibnu katsir rohimahullah mengatakan, maksud dari “maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka,” (QS: Al maidah,72) adalah,

أي : فقد أوجب له النار ، وحرم عليه الجنة ،

“ Allah wajibkan neraka bagi pelaku dosa syirik dan haramkan atasnya surga”
Assa’di rohimahullah ta’ala menjelaskan didalam tafsirnya mengapa pelaku syirik berhak masuk neraka,

وذلك لأنه سوى الخلق بالخالق، وصرف ما خلقه الله له – وهو العبادة الخالصة – لغير من هي له، فاستحق أن يخلد في النار“

itu karena dia telah menyamakan makhluk dengan pencipta, dan dia telah berpaling dari tujuan Allah menciptakannya yaitu beribadah secara murni kepada selain Allah, maka dia berhak untuk kekal dineraka.”

Ketiga: meggugurkan amalan

Dosa syirik bisa menggugurkan amalan amalan kita. Amalan amalan sholeh yang selama ini kita kerjakan akan terhapus karena dosa syirik.

Allah ta’ala berfirman,

وَلَقَدْ أُوحِيَ إِلَيْكَ وَإِلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكَ لَئِنْ أَشْرَكْتَ لَيَحْبَطَنَّ عَمَلُكَ وَلَتَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ ﴿٦٥﴾

“Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu. “Jika kamu mempersekutukan (Tuhan), niscaya akan hapuslah amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi. (QS: Azzumar,65)

Assa’di rohimahullah menjelasjkan dalam tafsirnya tentang ayat di atas,

أن الشرك محبط لجميع الأعمال

“ bahwa syirik menghapus seluruh bentuk amal”

Berlanjut insyaallah…

****

Ditulis oleh: Muhamad Reza Nurudin, Lc

(Alumni pondok pesantren Hamalatul Quran Jogjakarta, S1 Universitas Al-azhar Cairo, Mesir, fakultas Syariah Islamiyyah)

Hamalatulquran.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here