Home Artikel Adab dan Akhlak 5 Amalan Agung di Bulan Ramadhan

5 Amalan Agung di Bulan Ramadhan

622
0

Pembaca yang budiman…

Ramadhan adalah bulan yang Allah karuniakan kepada ummat nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam ummat akhir zaman. Bulan yang penuh dengan keberkahan dan rahmat yang melimpah, anjuran berbagai amal dilaksanakan di dalamnya. Apa saja amalan yang penting kita ketahui dan bisa dilaksanakan ? Berikut 5 (lima) amalan penting di bulan Ramadhan.

1. Shiyam (puasa)

Allah ta’ala berfirman,

ياَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

“Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqoroh : 183)

Berpuasa di bulan Ramadhan ini hukumnya wajib; bahkan menjadi salah satu rukun dari rukun-rukun islam, sebagaimana Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

بنِيَ الإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ: شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ، وَإِقَامِ الصَّلاَةِ، وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ، وَحَجِّ البَيتِ، وَصَوْمِ رَمَضَانَ

“Islam berdiri di atas 5 (lima) pilar : syahadat (persaksian) bahwa tidak ada yang berhak disembah selain Allah dan Muhammad adalah utusanNya, mendirikan sholat, membayar zakat, haji ke baitullah, shiyam Ramadhan.” (HR. Bukhari dan Muslim.)

Faidah shiyam Ramadhan, sabda Nabi shollallahu ‘alaihi wa sallam:

من صام رمضان إيماناً و احتساباً غفر له ما تقدم من ذنبه

“Barangsiapa yang bershiyam Ramadhan karena iman dan berharap pahala di sisi Allah, maka akan diampuni dosa yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim.)

2. Shalat malam

من قام رمضان إيماناً واحتساباً ، غفر له ما تقدم من ذنبه

“Barangsiapa yang sholat malam karena iman dan berharap pahala di sisi Allah, maka akan diampuni dosa yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim.)

Diantara shalat malam yang dilakukan di bulan Ramadhan adalah shalat tarawih; yang nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sabdakan bagi yang melaksanakan bersama imam hingga selesai

من قام مع الإمامِ حتى ينصرفَ كتب اللهُ له قيامَ ليلةٍ

“Barangsiapa yang shalat (tarawih) bersama imam sampai selesai, Allah ta’ala mencatat untuknya shalat semalaman.” (HR. At Tirmidzi, An Nasa’I, Abu dawud, dll.

3. Shadaqah

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah manusia yang sangat dermawan, teerlebih lagi ketika bulan Ramadhan kedermawanan beliau lebih dari pada luar Ramadhan. Ibnu Abbas memisalkan kedermawanan beliau seperti angin yang berhembus; sebagaimana perkataannya :

كانَ النبيُّ صَلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ أجْوَدَ النَّاسِ بالخَيْرِ، وكانَ أجْوَدُ ما يَكونُ في رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ، وكانَ جِبْرِيلُ عليه السَّلَامُ يَلْقَاهُ كُلَّ لَيْلَةٍ في رَمَضَانَ، حتَّى يَنْسَلِخَ، يَعْرِضُ عليه النبيُّ صَلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ القُرْآنَ، فَإِذَا لَقِيَهُ جِبْرِيلُ عليه السَّلَامُ، كانَ أجْوَدَ بالخَيْرِ مِنَ الرِّيحِ المُرْسَلَة

“Nabi Shollallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling dermawan, dan lebih dermawan lagi ketika bulan Ramadhan tatkala Jibril ‘alaihis salam menemui beliau, dan Jibril datang setiap malam Ramadhan sampai selesai; untuk mengulang AlQuran bersama Nabi shollallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau adalah manusia yang paling dermawan di dalam kebaikan lebih dermawan daripada angin yang berhembus.” (HR Bukhari)

Dalam shadaqah bisa berbagai cara; diantaranya adalah Memberi buka, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

من فطر صائماً كان له مثل أجره غير أنه لا ينقص من أجر الصائم شيء

“Siapa saja yang memberi bukaan kepada orang yang bershyiam, maka dia mendapat pahala shiyamnya orang yang diberi bukaan itu tanpa mengurangi pahala orang yang bershiyam tersebut sedikitpun.” (HR. Ahmad, AnNasai)

4. Tilawah Al Quran.

Bulan Ramadhan dijuluki dengan bulan Al-Quran; dikarenakan wahyu pertama kali turun di waktu bulan Ramadhan dan Allah berfirman:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِ

“Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil).” (QS. Al-Baqarah : 185)

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam setiap Ramadhan diajak oleh Jibril untuk mengulangi dan murojaah Al-Quran. Hal ini telah dicontohkan oleh para sahabat dan para salafus sholeh terdahulu.

5. I’tikaf

I’tikaf adalah salah satu sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang beliau ajarkan, dan tidak pernah ditinggalkan semasa hidupnya, beliau lakukan di setiap Ramadhan.

Ibunda kaum mukminin Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata:

إنَّ النبيَّ صَلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ، كانَ يَعْتَكِفُ العَشْرَ الأوَاخِرَ مِن رَمَضَانَ حتَّى تَوَفَّاهُ اللَّهُ

“Sungguh Nabi shollallahu ‘alaihi wa sallam selalu beri’tikaf di setiap 10 (sepuluh) terakhir dari bulan Ramadhan hingga Allah mewafatkannya.” (HR. Bukhari)

Inilah 5 amalan penting yang sangat perlu pembaca ketahui dan bisa dilaksanakan ketika bulan Ramadhan tiba, lima amalan ini tidak sebagai pembatasan amal, tetapi hanya yang dianggap terpenting.

Semoga penulis dan pembaca senantiasa diberi taufiqNya.

Referensi:

  1. https://mawdoo3.com
  2. http://www.saaid.net/mktarat/ramadan/20.htm

Ditulis Oleh : Muhammad Fathoni, B.A

Artikel : Hamalatulquran.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here