Home Artikel Jangan Remehkan Shalat Bag.1

Jangan Remehkan Shalat Bag.1

912
0

Manusia hidup tidak sekedar untuk makan, minum, melampiaskan hawa nafsu, bersendau gurau, dan lain sebagainya; melainkan ada tujuan yang sangat agung, yaitu ibadah kepada kholik (pencipta). Allah berfirman:

 وَمَا خَلَقۡتُ ٱلۡجِنَّ وَٱلۡإِنسَ إِلَّا لِیَعۡبُدُونِ

“Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.” (QS Adz Dzariyaat: 56)

Tingkatan ibadah berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya; ada ibadah yang menjadi rukun, ada yang wajib setiap hari, ada yang wajib setahun sekali, ada yang wajib seumur hidup sekali, ada juga yang sunnah.

Ibadah yang paling agung di sisi Allah Ta’ala dan adalah sholat, kewajiban shalat adalah setiap hari sebanyak 5 kali. Tak terhitung dalil tentang wajibnya sholat yang menunjukkan betapa tinggi dan agungnya kedudukan shalat di sisi Allah.

Berikut artikel yang mengulas singkat tentang shalat:

Kedudukan sholat di dalam islam

A. Rukun Islam Terpenting

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

 بني الإسلام على خمس : شهادة أن لا إله إلا الله ، وأن محمداً عبده ورسوله ، وإقام الصلاة وإيتاء الزكاة ، وحجِّ البيت ، وصوم رمضان

“Islam dibangun di atas lima pilar: persaksian bahwa tidak ada yang berhak disembah selain Allah dan Muhammad adalah hamba Allah dan utusanNya, mendirikan sholat, membayar zakat, haji ke baitullah, dan puasa romadhon”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Rukun adalah bagian penting dari sesuatu, jika bagian tersebut tidak ada maka tidak sah/lengkap sesuatu itu, sebagai contoh: diantara rukun sholat adalah rukuk dan sujud, ketika ada seseorang melakukan sholat tanpa ada rukuk, maka sholatnya tidak sah.

 

B. Tiang Agama

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

رأس الأمر الإسلام ، وعموده الصلاة وذروة سنامه الجهاد في سبيل الله

“Inti dari perkara ini adalah islam, dan tiangnya adalah sholat, dan puncaknya adalah jihad di jalan Allah”. (HR Tirmidzi)

Apa yang terbetik dalam pikiran jika ada bangunan tanpa ada penyangga atap; baik itu tembok atau tiang !? Tentu bangunan tersebut tidak kokoh dan akan roboh. Itulah gambaran agama islam, diperumpamakan dengan bangunan yang tersusun dari pondasi, tiang dan atap.

 

C. Pertama Kali Amalan yang Akan Dihisab pada Hari Kiamat.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إن أول ما يحاسب به العبد يوم القيامة من عمله صلاته، فإن صلحت فقد أفلح وأنجح، وإن فسدت فقد خاب وخسر

“Sungguh pertama kali seorang dihisab nanti pada hari kiamat dari amalannya adalah sholatnya, jika sholatnya baik, maka dia beruntung dan selamat, jika sholatnya rusak, maka dia gagal dan merugi”. (HR Hakim dan ibnu Majah)

 

D. Shalat adalah ibadah yang sama sekali tidak bisa ditinggalkan apapun alasannya selama masih hidup.

jika tidak mampu mengerjakan shalat dengan berdiri bisa dengan duduk, jika tidak bisa dengan duduk bisa dengan berbaring dst, bahkan dalam keadaan di tengah peperanganpun sholat tetap diwajibkan untuk ditegakkan, itulah yang disebut dengan sholat khouf.

Nabi ‘alaihis shalatu was salam bersabda kepada sahabat Imron bin Hushoin radhiyallahu ‘anhuma ketika dia terkena sakit bawasir:

صَلِّ قائما، فإن لم تستطع فقاعدا، فإن لم تستطع فعلى جَنْبٍ

“Sholatlah dengan berdiri, jika tidak mampu maka dengan duduk, jika tidak mampu maka dengan berbaring ke arah samping”. (HR. Bukhari)

Inilah beberapa hal yang menjadikan shalat sebagai kedudukan yang sangat tinggi di dalam syareat islam, maka jangan dikarenakan urusan duniawi lantas melalaikan shalat.

Semoga penulis dan pembaca, Allah jadikan termasuk para hamba yang senantiasa mendirikan shalat.

Semoga bermanfaat. Bersambung…

Referensi:

  1. islamqa.info
  2. fiqh.islamonline.net
  3. binbaz.org.sa
  4. hadeethenc.com

Ditulis Oleh: Muhammad Fathoni, B.A

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here