Home Artikel Halaqoh Al-Quran di Masjid Besar Sleman Kota (MBSK)

Halaqoh Al-Quran di Masjid Besar Sleman Kota (MBSK)

533
0

HAMALATULQURAN.COM – Sleman, Sabtu pekan pertama dan ketiga menjadi waktu yang selalu dinanti oleh seluruh santri pondok pesantren Hamalatul Quran 2 Sleman, pasalnya setiap sabtu pagi tersebut pada tiap bulannya halaqoh bada subuh dilaksanakan di Masjid Besar Sleman Kota (MBSK).

Selepas shalat subuh berjamaah di masjid pondok, para santri dan asatidzah berjalan bersama-sama menuju Masjid Besar Sleman Kota (MBSK), sesampainya disana para ustadz mulai duduk di tiang-tiang yang ada kemudiab disusul santri-santri anggota halaqohnya duduk melingkari ustadz pengampu halaqoh quraniyyah masing-masing.

Selesai halaqoh santri diberikan waktu 30 menit untuk berbelanja di pasar Sleman yang kebetulan telaknya tepat di depan MBSK untuk berbelanja kebutuhan atau sekedar membeli jajanan pasar atau yang lainnya. Hal ini menjadi penyemangat tersendiri bagi santri ketika halaqoh di MBSK sehingga momen halaqoh di MBSK adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh semua santri dan sayang untuk dilewatkan.

Seusai halaqoh terkadang ada muhsinin yang berbagi makanan untuk para santri, seorang penjual gorengan yang dikenal dengan nama GORENGAN KHAS SOLO yang berjualan tepat disamping MBSK. Dengan gorengan khasnya berupa donat, pisang manis, cahkwe dll dengan rasa khas yang tidak membuat bosan bagi penikmatnya. Memanggil santri dengan kalimat merendah ” mas ini ada rizki dari Allah” begitu beliau biasa memanggil santri saat menyerakhan gorengannya. MasyaAllah jazaahumullah khoiro semoga Allah membalasnya dengan sebaik-baik balasan dan memberkahi rizki dan perniagaannya.

“Dengan adanya agenda ini, yaitu halaqoh di luar pesantren diharapkan dapat membuat para santri lebih akrab dengan warga sekitar serta menjadi kesenangan dan hiburan tersendiri bagi para santri. Disisi lain kami berharap dengan adanya agenda ini membuat para santri merasakan tempat dan suasana baru dalam menghafal Al-Quran sehingga santri tidak merasa jenuh dalam menghafal Al-Quran.” tutur ustadz Muhammad Sufyan, Lc selaku Kabag. Tahfidz Hamalatul Quran Sleman

Kegiatan ini sejatinya adalah hasil kerjasama pengurus pondok pesantren Hamalatul Quran Sleman dengan pengurus Masjid Besar Sleman Kota (MBSK). Semoga kedepannya Pondok Pesantren Hamalatul Quran Sleman bisa bekerja sama kembali dengan Masjid Besar Sleman Kota (MBSK) dalam kegiatan-kegitan lainnya  yang tentunya bermanfaat untuk para santri dan juga warga sekitar.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here