Home Artikel Alquran Mutiara Faidah Juz 11

Mutiara Faidah Juz 11

411
0

Pada juz 11 ini mencakup surat At Taubah ayat 94-129, Surat Yunus ayat 1-109 dan Surat Surat Huad ayat 1-5. Berikut ini pokok kandungan dan pembahasan yang ada pada juz kesebelas.

Surat At-Taubah ayat 94-129

1. Melanjutkan pembahasan terkait orang munafik, kemudian disebutkan terkait A’rab (non Arab) kebaikan dan keburukan mereka, dilanjut penyebutan kaum Muhajirin dan Anshar

2. Disebutkannya Masjid Dirar dan niat buruk dibuatnya masjid tersebut, oleh karenanya Allah larang Nabi-Nya untuk shalat di dalamnya. Dari sini kita juga belajar bahwa pokok amal adalah apa niat yang ada di dalam hati, tidak semata-mata apa yang nampak secara dhahir.

3. Sifat orang-orang yang memasrahkan dirinya kepada Allah serta larangan bagi orang muslim untuk memohonkan ampunan bagi orang musyrik.

4. Kisah 3 sahabat yang tidak ikut perang Tabuk serta bagaimana mereka bertaubat.

5. Akhir surat at-Taubah bercerita tentang hubungan manusia dengan Al-Quran.

Surat Yunus ayat 1-109

1. Dalam surat Yunus terdapat banyak ayat yang menjelaskan terkait tanda-tanda kekuasaan Allah Ta’ala serta memberikan perumpamaan-perumpamaan yang menegaskan kewujudan Allah dan keagungan-Nya.

2. Perdebatan orang musyrik dan tantangan mereka terhadap Al-Quran.

3. Kedudukan hamba yang paling mulia adalah menjadi wali Allah (waliyullah) .

4. Pemaparan kisah Nabi Nuh kemudian kisah Nabi Musa bersama Firaun serta tenggelamnya Fir’aun agar menjadi pelajaran.

5. Penjelasan akan perintah Allah kepada para Nabinya untuk senantiasa teguh di atas keimanan mengikuti Wahyu dan sabar dalam berdakwah.

Faidah dari Juz 11

1. Kedudukan mulia bagi kaum Muhajirin dan Anshar serta orang-orang yang mengikuti jejak mereka, maka bila kita ingin mendapatkan kemuliaan tersebut hendaknya kita mengikuti jejak para sahabat tersebut.

وَٱلسَّٰبِقُونَ ٱلۡأَوَّلُونَ مِنَ ٱلۡمُهَٰجِرِينَ وَٱلۡأَنصَارِ وَٱلَّذِينَ ٱتَّبَعُوهُم بِإِحۡسَٰنٖ رَّضِيَ ٱللَّهُ عَنۡهُمۡ وَرَضُواْ عَنۡهُ وَأَعَدَّ لَهُمۡ جَنَّٰتٖ تَجۡرِي تَحۡتَهَا ٱلۡأَنۡهَٰرُ خَٰلِدِينَ فِيهَآ أَبَدٗاۚ ذَٰلِكَ ٱلۡفَوۡزُ ٱلۡعَظِيمُ

“Dan orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) di antara orang-orang Muhajirin dan Anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah rida kepada mereka dan mereka pun rida kepada Allah. Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang agung.” (QS. At-Taubah: 100)

2. Sebaik-baik teransaki di dunia.

إِنَّ ٱللَّهَ ٱشۡتَرَىٰ مِنَ ٱلۡمُؤۡمِنِينَ أَنفُسَهُمۡ وَأَمۡوَٰلَهُم بِأَنَّ لَهُمُ ٱلۡجَنَّةَۚ يُقَٰتِلُونَ فِي سَبِيلِ ٱللَّهِ فَيَقۡتُلُونَ وَيُقۡتَلُونَۖ وَعۡدًا عَلَيۡهِ حَقّٗا فِي ٱلتَّوۡرَىٰةِ وَٱلۡإِنجِيلِ وَٱلۡقُرۡءَانِۚ وَمَنۡ أَوۡفَىٰ بِعَهۡدِهِۦ مِنَ ٱللَّهِۚ فَٱسۡتَبۡشِرُواْ بِبَيۡعِكُمُ ٱلَّذِي بَايَعۡتُم بِهِۦۚ وَذَٰلِكَ هُوَ ٱلۡفَوۡزُ ٱلۡعَظِيمُ

“Sesungguhya Allah membeli dari orang-orang mukmin, baik diri maupun harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. Mereka berperang di jalan Allah, sehingga mereka membunuh atau terbunuh, (sebagai) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil, dan Al-Qur`ān. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya selain Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan demikian itulah kemenangan yang agung.” (QS. At-Taubah: 111)

Pembeli adalah Allah Ta’ala dan si penjual adalah para wliyullah dan harganya adalah surga.

Referensi: Hidayat Al-Ajza karya syaikh Umar bin Abdillah Al-Muqbil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here