Home Artikel Lima Tingkatan Datang Awal Waktu di Sholat Jumat

Lima Tingkatan Datang Awal Waktu di Sholat Jumat

289
0

Makna Berangkat Shalat Jum’at di Jam pertama Sampai Kelima

Bismillah…
Alhamdulillah Washalatu Wassalamu ‘Ala Rasulillahi, Waba’du

Pembaca yang budiman, Allah subhanahu wata’ala mengkhususkan sebagian makhluk di antara makhluk-makhluknya. Dan Allah memilih hari jum’at di antara hari-hari yang ada dan dijadikannya sebagai hari yang paling mulia, Rasulullah bersabda:

خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلاَ تَقُومُ السَّاعَة إِلاَّ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ

“Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah hari Jum’at. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukan ke dalam Surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari Surga. Dan hari Kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jum’at.”

Bersegera ke Masjid Untuk Menunaikan Shalat Jum’at

Pembaca yang budiman, di antara amalan yang mulia di hari jum’at adalah bersegera berangkat ke masjid dalam rangka menunaikan shalat jum’at, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ رَاحَ إِلَى الْجُمُعَةِ فِي السَّاعَةِ الْأُوْلَى فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَدْنَةً وَمَنَ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّانِيَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَقَرَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّالِثَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ كِبَشًا أَقْرَنَ وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ فَكَأَنَّمَا أَهْدَى دَجَاجَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الْخَامِسَةِ فَكَأَنَّمَا أَهْدَى بَيْضَةً

“Barangsiapa yang berangkat Shalat Jum’at pada jam pertama, seakan-akan berkurban dengan seekor unta. Siapa saja yang berangkat pada jam kedua, seakan-akan berkurban dengan seekor sapi. Siapa saja yang berangkat pada jam ketiga, seakan-akan berkurban dengan kambing bertanduk. Siapa saja yang berangkat pada jam keempat, seakan-akan menghadiahkan seekor ayam jantan. Siapa saja yang berangkat pada jam kelima, maka seakan-akan menghadiahkan sebutir telur.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Lalu Apa yang Dimaksud Jam Pertama Sampai Kelima dan Dimana Batasannya?

Para ulama berbeda pendapat dalam menentukan waktu ini, ada yang mengatakan waktu ini dimulai ketika terbit fajar. Ada juga yang mengatakan waktu ini dimulai ketika terbit matahari, dan ini adalah pendapat madzhab Syafi’i dan Hanbali.

Nampaknya pendapat kedualah yang lebih kuat, yakni jam pertama dimulai dari terbitnya matahari, karena waktu sebelum terbit matahari adalah waktu shalat shubuh. Dan kemudian berakhir ketika Imam berdiri untuk khutbah.

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin pernah ditanya tentang makna waktu-waktu di atas, beliau menjawab

فقسَّم الزمن من طلوع الشمس إلى مجيء الإمام خمسة أقسام ، فقد يكون كل قسم بمقدار الساعة المعروفة ، وقد تكون الساعة أقل أو أكثر ؛ لأن الوقت يتغير ، فالساعات خمس ما بين طلوع الشمس ومجيء الإمام للصلاة ، وتبتدئ من طلوع الشمس

Waktu dari mulai terbitnya matahari sampai Imam datang (Khatib naik mimbar) dibagi menjadi lima (5) bagian, terkadang setiap bagian seperti satu jam dan terkadang kurang atau lebih karena waktu berubah-rubah, maka lima (5) jam adalah di antara matahari terbit dan imam datang untuk sholat (jum’at).

Pembaca yang budiman, dari penjelasan di atas kita bisa menyimpulkan bahwa jam yang disebutkan dalam hadits di atas adalah waktu di antara terbitnya matahari sampai imam atau khatib naik mimbar kemudian dibagi menjadi lima (5) bagian.

Orang yang berangkat di jam pertama mendapatkan keutamaan seperti berkurban dengan seekor unta, kemudian yang berangkat di jam kedua seperti berkurban dengan seekor sapi, ketiga seperti berkurban dengan seekor kambing bertanduk, keempat seperti menghadiahkan seekor ayam dan yang berangkat di jam terakhir seperti menghadiahkan sebutir telor.

Wallahu a’lam bish shawab.

***

Referensi:

Dinukil dan diterjemahkan dengan adanya tanbahan dari penulis dari website Islamqa

Ditulis oleh: Jeje Rijalul Haq, Lc. (Pengajar PP Hamalatul Quran dan alumni fakultas Syariah, Universitas Al Azhar Kairo)

Artikel: HamalatulQuran.Com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here