Home Akidah Alam Jin #3: Apakah Setan Bisa Meninggal Dunia?

Alam Jin #3: Apakah Setan Bisa Meninggal Dunia?

3519
0

Bismillah….

Tentu saja jin, diantara mereka ada yang menjadi setan, pasti meninggal dunia, seperti halnya manusia dan makhluk lainnya. Karena mereka semua masuk dalam cakupan firman Allah ‘azza wa jalla,

كُلُّ مَنْ عَلَيْهَا فَانٍ ‎﴿٢٦﴾‏ وَيَبْقَىٰ وَجْهُ رَبِّكَ ذُو الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ ‎﴿٢٧﴾

Semua yang ada di bumi itu akan binasa. Yang tetap kekal adalah Dzat Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan. (QS. Ar-Rahman : 26 – 27)

Keterangan ini dikuatkan oleh hadis dari sahabat Abdullah bin Abbas -radhiyallahu’anhuma-, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أعوذ بعزتك الذي لا إله إلا أنت الذي لا يموت والجن والإنس يموتون

“Dengan kemulian Engkau ya Allah Tuhan yang tidak sesembahan yang berhak kecuali Engkau, aku berlindung. Tuhan yang tidak akan pernah mati. Sementara Jin dan Manusia akan mati.” (HR. Bukhori)

Baca artikel sebelumnya : Jin, Benarkah Ada?

Dalil lainnya yang menunjukkan bahwa mereka bisa mati adalah, sebuah riwayat yang mengisahkan tentang sahabat Kholid bin Walid saat membunuh setan bernama Al-‘Uzza, yaitu jin yang tinggal di pohon yang Uzza sesembehan orang – orang arab jahiliyah.

Berapa Gerangan Umur Mereka?

Tentang umur setan atau jin, tak ada yang tau berapa tahun rata-rata jatah umut mereka dunia kecuali Allah ‘azza wa jalla. Kalau manisia akhir zaman telah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kabarkan, kisaran enam puluh sampai tujuh puluh tahun, sedikit manusia akhir zaman yang umurnya melebihi itu. Kalau jin, tak ada dalil yang mengabarkan sedemikian detail. Yang ada ayat Al-Quran yang mengabarkan tentang umur Iblis, umurnya panjang sampai tiba hari kiamat.

Sebagaimana kabar dari surat Al-A’raf ayat 14 – 15 :

قَالَ أَنظِرْنِي إِلَىٰ يَوْمِ يُبْعَثُونَ ‎﴿١٤﴾‏ قَالَ إِنَّكَ مِنَ الْمُنظَرِينَ

Iblis  berkata : “Beri tangguhlah saya sampai waktu mereka dibangkitkan”. (14) Allah berfirman: “Sesungguhnya kamu termasuk mereka yang diberi tangguh”.

Keterangan yang sama juga terdapat di surat Al-Hijr ayat 36 dan 37, surat Shod ayat 79 sampai 82.

Adapun selain Iblis, kita tidak gambaran umur mereka. Hanya saja jin atau setan umur mereka lebih panjang daripada umur manusia.

Sekian, wallahul muwaffiq.

__________

Referensi:

  • ‘Aalamul Jin was Syayaatin, Penerbit: Maktabah Al-Falaah, Cetakan ke 4, th 1404 H – 1984 M

***

Ditulis oleh : Ahmad Anshori, Lc.
Artikel HamalatulQuran.Com


 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here