Home Galeri 10 Santri Hamalatul Quran Mengikuti Pekan Kompetisi Madrasah (PKM)

10 Santri Hamalatul Quran Mengikuti Pekan Kompetisi Madrasah (PKM)

359
0

Rabu, 30 Agustus 2023 cuaca Pondok Pesantren Hamalatul Quran Sanden tidak secerah biasanya, pagi ini sekeliling pesantren diselimuti dengan kabut putih. Sudah beberapa hari kebelakang hampir setiap pagi kabut selalu muncul. Deru suara mesin diesel yang sedang dipanaskan memecah keheningan pagi, mesin diesel yang terpasang pada kendaraan mini bus milik Pondok Pesantren Hamalatul Quran Yogyakarta. Kendaraan yang dengan setia menghantarkan ke beragam tujuan, baik tujuan bahagia maupun duka.

Pukul 06.30 telah bersiap 10 santri yang dikirim menjadi kontingen dari Madrasah Aliyah Hamalatul Quran dalam kegiatan Pekan Kompetisi Madrasah atau disingkat PKM. PKM atau yang dahulunya bernama AKSIOMA adalah salah satu kegiatan yang diselenggarakan Kementerian Agama Kabupaten Bantul. Kegiatan yang mempertemukan antar madrasah se-Kabupaten Bantul baik negeri maupun swasta dari tingkat MI hingga tingkat MA yang bernaung dibawah Kementerian Agama Kabupaten Bantul. Di tahun ini yang berkesempatan sebagai tuan rumah perlombaan jenjang MA ini adalah MAN 1 Gandekan.

Diantara cabang yang dilombakan dalam PKM ini adalah cabang olahraga, seni keagamaan, serta khutbah dan pidato. Diantara cabang lomba yang diikuti adalah cabang MTQ oleh ananda Dan-Dan Nir Ruasji, MHQ oleh ananda Adzika Raisha Kusuma Putra, Pidato B. Arab ananda Muhammad Idris Abdussalam, Pidato B. Inggris oleh ananda Miqdad Thoriq, Khutbah Jumat oleh ananda Muhammad Imam Abdurrohman, Kaligrafi oleh ananada Farza Rizqi Zaidan, Tolak Peluru oleh ananda Ammar, Lari 100 m oleh ananda Salman Abdullah, Bulu tangkis oleh ananda Sudrajat Al khoiri dan terakhir Tenis meja oleh ananda Muhammad.

Nasihat Kepala Madrasah

Sehari sebelum perlombaan, kepala MA Hamalatul Quran Ust. Zusuf Affandi, B.A memberikan nasihat kepada para kontingen “Mas, perlombaan ini tidak untuk dijadikan beban melainkan sebagai pengalaman dan mengukur kemampuan kita, apakah cukup dengan istiqomah mempertahankan atau banyak hal yang perlu ditingkatkan”.

Alhamdulillah Juara…

Setelah membekuk MA Al-Imdad dan MAN 1 Gandekan, sektor Bulu tangkis akhirnya ditundukan oleh MA Ali Maksum sehingga menempati Juara 3 di sektor Badminton. Pada sektor lari 100 meter, seteleh berlari dua sesi dengan catatan waktu terbaik 13.06 detik memperoleh juara 3. Pada sektor pidato bahasa Arab setelah bersaing dengan penceramah-penceramah lain mendapatkan peringkat 2. Dan terakhir pada cabang lomba MTQ Madrasah Aliyah Hamalatul Quran memperoleh juara pertama.

Kita ucapkan terima kasih dan selamat kepada seluruh kontingen yang telah mewakili madrasah dalam perlombaan PKM kali ini. Semoga dengan sering berpartisipasi dalam perlombaan dan kompetisi diharapkan menjadi pengalaman berharga serta sarana mengukur kemampuan bagi santri-santri Pondok Pesantren Hamalatul Quran. (fathullah/Ali)

Galeri Pekan Kompetisi Madrasah:

   

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here