Home Artikel Tak Sekedar Takbiran

Tak Sekedar Takbiran

525
0

Kaum muslimin yang berbahagia…

Tentunya momen lebaran adalah momen yang ditunggu-tunggu dan membahagikan hati semua orang beriman. Dalam syareat islam ada syiar yang sangat terlihat ketika datang hari lebaran itu, baik lebaran idul fitri maupun Idul Adha. Syiar tersebut adalah lentunan takbir.

Tatkala malam lebaran tiba maka bergemalah dunia islam dengan lantunan takbir, dari penjuru arah angin lantunan takbir ini terdengar sangat ramai, dengan suka ria kaum muslimin menggemakan latunan takbir ini.

Lantunkan takbir dengan benar !

Bagaimana lantunan takbir yang benar ? Ada beberapa lafadz takbir, diantanya adalah:

1. Dengan dua kali takbir 

الله أكبر، الله أكبر، لا إله إلا الله، الله أكبر، الله أكبر، ولله الحمد

2. Dengan tiga kali takbir

الله أكبر، الله أكبر، الله أكبر، لا إله إلا الله، الله أكبر، الله أكبر، الله أكبر، ولله الحمد

3. Dengan tiga kali takbir di depan dan dua kali takbir di belakang

الله أكبر، الله أكبر، الله أكبر، لا إله إلا الله و الله أكبر، الله أكبر و لله الحمد

4. Dengan di tambah lafadz

اللَّهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيرًا وَسُبْحَانَ اللَّهِ بُكْرَةً وَأَصِيلًا اللَّهُ أَكْبَرُ وَلَا نَعْبُدُ إلَّا اللَّهَ مُخْلِصِينَ له الدَّيْنَ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُونَ لَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ صَدَقَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَهَزَمَ الْأَحْزَابَ وَحْدَهُ لَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ

 

Inilah lafadz-lafadz takbir yang ada riwayatnya dari salafus shaleh.

Kaum muslimin yang semoga Allah rahmati…

Hendaknya takbir yang dilantunkan tidak hanya dilantunkan dengan lisan semata, melainkan juga dihayati makna dari lantunan takbir tersebut. Takbir yg sering kita baca adalah takbir ketiga di atas, yaitu dengan lafadz

الله أكبر الله أكبر الله أكبر، لا إله إلا الله، والله أكبر، الله أكبر و لله الحمد

“Allah maha besar Allah maha besar Allah maha besar, tidak ada yang berhak disembah kecuali Allah, dan Allah maha besar, Allah maha besar, dan bagi Allah segala pujian”.

Dalam tulisan ini penulis akan membahas dengan singkat makna dari lafadz takbir di atas.

  1. الله أكبر (Allah maha besar) lafadz ini adalah takbir yang mempunyai makna; bahwasanya Allah lebih besar dari pada segala yang ada, Dia lebih besar, lebih agung, lebih mulia, dan lebih tinggi dari apa yang terdetik dalam benak akal, atau yang terbayang dalam khayalan. Ketika seseorang mengatakan lafadz الله أكبر berarti dia telah mengagungkan Allah, maka seharusnya tidak sekedar lafadz dengan lisan, tetapi juga penghayatan dalam hati akan hal kebesaran dan keagungan Allah.
  2. لا إله إ الله tidak ada yang berhak disembah selain Allah) ini adalah lafadz kalimatut tauhid, dengannya seorang kafir masuk islam, harom darahnya, hartanya dan kehormatannya. Kalimat لا إله إلا الله adalah kalimat yng paling afdzol di sisi Allah, dengan kalimat inilah para Rosul di utus.

Makna لا إله إلا الله adalah لا معبود حق إ الا الله (tidak ada yang berhak disembah kecuali Allah), ini sesuai dengan firman Allah yang berbunyi:

 ذَ ٰ⁠لِكَ بِأَنَّ ٱللَّهَ هُوَ ٱلۡحَقُّ وَأَنَّ مَا یَدۡعُونَ مِن دُونِهِۦ هُوَ ٱلۡبَـٰطِلُ وَأَنَّ ٱللَّهَ هُوَ ٱلۡعَلِیُّ ٱلۡكَبِیرُ

“Demikianlah (kebesaran Allah) karena Allah, Dialah (Tuhan) Yang Hak. Dan apa saja yang mereka seru selain Dia, itulah yang bathil, dan sungguh Allah, Dialah Yang Mahatinggi, Mahabesar”. (QS. Al Haj : 62)

Ada dua rukun di dalam kalimat tauhid tersebut, yaitu:

  1. Nafyu (لا إله) ) peniadaan semua peribadahan kepada selain Allah, jika ada seseorsng yang mengucapkan kalamat tauhid ini tetapi dia beribadah kepada selain Allah, maka dia telah mendustakan kalimat tauhid yang dia ucapkan.
  2. Itsbat  (إلا الله) penetapan semua jenis peribadahan hanya untuk Allah. Sholat, shodaqoh, doa, penyembelihan, berkurban, dst ditujukan hanya untuk Allah semata.
  3. و لله الحمد (dan kepunyaan Allah segala pujian) ini adalah lafadz tahmid yang mempunyai makna bahwa semua bentuk pujian yang didasari atas keagungan dan kecintaan yang tinggi hanyanya milik Allah.

Ketika seseorang mengucapkan tahmid الحمد لله berarti dia telah memuji Allah dengan pujian yang sempurna dibarengi dengan rasa pengagungan dan kecintaan kepada Allah dzat yang dia puji.

Kamu muslimin rahimakumulkah

Inilah makna ringkas dari lantunan takbir yang menggema ketika hari raya tiba, semoga kita termasuk hamba Allah yang melantunkan tidak hanya dengan lisan tetapi juga dengan hati.

Semoga bermanfaat.

Referensi:

  1. Islamweb.net
  2. binbaz.org
  3. elbalad.news
  4. tafsir.app/ibn-uthaymin
  5. islamqa.info

Ditulis Oleh : Muhammad Fathoni, B.A

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here