Home Galeri Enam Pesan Nasehat Mudir Pesantren Menjelang Liburan Ramadhan Santri PP Hamalatul Quran

Enam Pesan Nasehat Mudir Pesantren Menjelang Liburan Ramadhan Santri PP Hamalatul Quran

353
0

Sabtu (30/03/2024) Alhamdulillah musim libur Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H. sudah tiba, terhitung mulai hari ini Sabtu, 30 Maret 2024 seluruh santri pesantren Hamalatul Quran mulai liburan. Ada beberapa pesan nasehat yang disampaikan ustadz Samhudi, S. Pd. selaku mudir pesantren menjelang liburan santri pagi tadi selapas shalat subuh.

Berikut enam pesan nasehat yang beliau sampaikan:

1. Nasehat pertama yang disampaikan sebagaimana disampaikan Baginda Nabi shallallahu’alaihi wasallam : “Ittaqillaha haitsuma kunta”, bertaqwalah kalian dimanapun berada.

Dan diantara bentuknya adalah dengan menjaga lisan dan tangannya “Al Muslimu man salimal muslimuna min lisanihi wayafidi” Seorang Muslim adalah orang yang sanggup menjamin keselamatan orang-orang Muslim lainnya dari gangguan lisan dan tangannya

Sehingga liburan adalah kesempatan untuk mempraktekkan apa yg sudah didapatkan di pesantren.

2. Moment liburan bukan berarti kita melakukan agenda berbeda, liburan hanya pindah tempat saja tapi agenda, amalan, dan kegiatan tidak ada perubahan.

Rencanakan liburan dengan hal-hal yang bermanfaat, sehingga liburan kita adalah liburan yang dinantikan orang lain.

Peganglah prinsip “Khairunnas anfauhum linmas”, sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk manusia yang lain.

3. Batasi diri untuk menggunakan alat-alat yang membahayakan diri kita, baik alat elektronik ataupun kendaraan. Kita harus bisa menimbang mana yg mendatangkan maslahat dan madharat.

4. Harus terus menjaga nama baik pesantren.
Kepulangan kita kerumah adalah cerminan pesantren yang saat ini kita berada didalamnya. Satu keburukan akan memberi dampak keburukan dalam banyak hal.

5. Tetap mendoakan ustadz-ustadz di pesantren, para ustadz insyaallah juga akan mendoakan untuk kebaikan para santri. Semoga ilmu yang didapat adalah ilmu yang barakah, ilmu yang membuahkan amal.

6. Mintalah izin dan berikan kabar orang tua jika hendak keluar atau pergi jauh dari rumah.

Dan pada akhirnya pesan nasehat menjelang liburan beliau tutup dengan menyampaikan salam para asatidzah pesantren untuk orang tua santri masing-masing di rumah.

Selamat berlibur seluruh santri pondok pesantren Hamalatul Quran, Bantul, Yogyakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here