Search
Saturday 15 December 2018
  • :
  • :

Sepuluh Pilihan Allah

Raih pahala menyampaikan kebaikan, Bagikan:

Source : unplash

Bismillah…

Sebagai seorang mukmin wajib mengimani alquran dan kandungan serta syareat yang ada di dalamnya, di antara firman Allah di dalam Alquran,

{فَعَّالٌ لِّمَا يُرِيدُ} [البروج : 16]

Maha Kuasa berbuat apa saja yang dikehendaki-Nya.

{لَا يُسْأَلُ عَمَّا يَفْعَلُ وَهُمْ يُسْأَلُونَ} [الأنبياء : 23]

Dia tidak ditanya tentang apa yang diperbuat-Nya dan merekalah yang akan ditanyai.

Di antara apa yang Allah perbuat, Dia memilih dari sesuatu ada yang lebih dicintai dan diistimewakan dari yang lainnya dan Allah memberi keistimewaan kepada sesuatu itu atas kehendakNya sendiri.

Beberapa ini adalah pilihan pilihan Allah yang mempunyai kelebihan dan keistimewaan :

Pertama, Al-Qur’an.

Allah telah menurunkan kitab2Nya sebagai petunjuk bagi umat manusia dan Allah memilih alquran kitab terakhir paling baik dan paling istimewa serta perkataan yg paling benar.

{وَأَنزَلْنَا إِلَيْكَ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ الْكِتَابِ وَمُهَيْمِنًا عَلَيْهِ ۖ فَاحْكُم بَيْنَهُم بِمَا أَنزَلَ اللَّهُ ۖ وَلَا تَتَّبِعْ أَهْوَاءَهُمْ عَمَّا جَاءَكَ مِنَ الْحَقِّ ۚ لِكُلٍّ جَعَلْنَا مِنكُمْ شِرْعَةً وَمِنْهَاجًا ۚ وَلَوْ شَاءَ اللَّهُ لَجَعَلَكُمْ أُمَّةً وَاحِدَةً وَلَٰكِن لِّيَبْلُوَكُمْ فِي مَا آتَاكُمْ ۖ فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ ۚ إِلَى اللَّهِ مَرْجِعُكُمْ جَمِيعًا فَيُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمْ فِيهِ تَخْتَلِفُونَ} [المائدة : 48]

( 48 ) Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Quran dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan kitab yang mencakup kitab-kitab yang lain itu; maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk tiap-tiap umat diantara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu. (QS. Al Maidah : 48)

– أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يقول في خطبته : إن  الحديث كتاب الله ، وأحسن الهدي هدي محمد…

Nabi shalallahu alaihi wa salam selalu bersabda dalam khutbahnya, “Sejujur jujurnya perkataan adalah Al-Qur’an, dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuknya naNa shalallahu alaihi wa salam.
Al-Qur’an adalah kitab yang berisi firman Allah sebaik baiknya kitab dan sebaik baiknya perkataan. (HR. Nasai)

Kedua, Al-fatihah

Di dalam Alquran ada 114 surat. Dan Allah pilih satu di antara surat surat itu menjadi surat yang paling mulia yaitu al fatihah
Rosulullah shalallahu alaihi wa salam bersabda :

-الحمدالله رب العالمين أم القرأن و أم الكتاب و السبع المثاني و القرآن العظيم، رواه الترمذي

Alhamdulillahi robbil ‘alamiin (alfatihah) adalah induk Al-Qur’an dan induk kitab dan sab’ ul mastani (tujuh yang di ulang ulang) dan alquran yang agung.

Ketiga, ayat kursi.

Dari sekian banyak ayat di dalam alquran, Allah memilih satu ayat yang di jadikan ayat yang paling agung di sisiNya

– عن أُبَي بن كعب، قال: قال رسول الله – صلى الله عليه وسلم -: ((يا أبا المنذر، أتدري أي آية من كتاب الله معك أعظم؟))، قال: قلت: الله ورسوله أعلم، قال: ((يا أبا المنذر، أتدري أي آية من كتاب الله معك أعظم؟))، قال: قلت: ﴿ اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ ﴾، قال: فضرَب في صدري، وقال: ((والله ليَهْنِك

العلم أبا المنذر))، رواه مسلم

Dari ubay bin ka’ab bersabda rosulullah shallallahu’alaihi wa salam: “Ya Abu Mundzir tahukah kamu ayat paling agung yang terdapat di alquran?”

“Allah dan Rasulnya yang tahu,” jawab Abu Mundzir.

“Wahai Abu Mundzir tahukah kamu ayat yang paling agung di dalam Al-Qur’an?” Tanya Nabi kembali.

Maka saya katakan,

الله لا إله إلا هو الحي القيوم (ayat kursi)

Maka beliau menepuk dadaku dan bersabda : sungguh Allah memperbanyak ilmumu wahai abu mundzir.

Keempat, kalimat tauhid (لا إله إلا الله),

Banyak bacaan untuk berdzikir dan mengingat Allah, tetapi dzikir yang paling agung dan mulia adalah membaca kalimat tauhid, Rosulullah -shallallahualaihi wasallam bersabda :

– أَفْضَلُ الذِّكْرِ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ..

“Sebaik baik dzikir membaca لا إله إلا الله.”

Kelima, para nabi dan rosul

Sebaik baik manusia di muka bumi ini adalah para nabi dan rosul, Allah berfirman :

{وَمَن يُطِعِ اللَّهَ وَالرَّسُولَ فَأُولَٰئِكَ مَعَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِم مِّنَ النَّبِيِّينَ وَالصِّدِّيقِينَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِينَ ۚ وَحَسُنَ أُولَٰئِكَ رَفِيقًا} [النساء : 69]

Dan barangsiapa yang mentaati Allah dan Rasul(Nya), mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, yaitu: Nabi-nabi, para shiddiiqiin, orang-orang yang mati syahid, dan orang-orang saleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya. (QS. An Nisa : 69)

Allah menyebut para nabi dalam urutan pertama kali dalam golongan orang-orang yang Allah beri nikmat, maka merekalah orang yang paling utama dan paling baik.

Keenam, Nabi akhir zaman Muhammad -shallallahualaihi wasallam- .

Allah mengutus para nabiNya dan  yang lebih tahu berapa nabi yang telah di utus tapi di antara nabi nabi itu Allah memilih nabi paling agung, paling mulia, di utus di akhir zaman dan akhir umat, dan dijadikan penutup para nabi, beliaulah yang bersabda

أنا سيد الناس…

Saya tuan dari semua manusia. (HR. Bukhori)

Dialah beliau Muhammad shallahualaihi wa sallam yang Allah berikan kepadanya syafaat khubro pada hari kiamat nanti.

Ketujuh, Hari jumat.

Satu pekan ada 7 hari dari tujuh hari itu Allah memilih jumat hari yang sangat mulia.

«خير يوم طلعت عليه الشمس يوم الجمعة، فيه خلق آدم، وفيه أدخل الجنة، وفيه أخرج منها» رواه مسلم

Sebaik baik hari yang di situ muncul matahari adalah hari jumat, di dari jumat itu Allah menciptakan adam, memasukkan ke jannah, dan mengeluarkannya dari jannah. (HR. Muslim)

Kedelapan, kota Makkah.

Allah memilih kota makkah menjadi kota di dalamnya ada ka’bah kepadanya menghadap setiap orang sholat dan di kota makkah itu Allah mengutus nabi terakhir.

Rosulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda :

والله إنك لخير أرض الله، وأحب أرض الله إلي، والله لولا أني أُخْرِجْتُ منك، ما خرجت» رواه أحمد و ابن ماجه

Demi Allah sungguh kamu (makkah) adalah sebaik baik bumi Allah dan paling aku cintai, demi Allah seandainya aku tidak di usir darimu maka aku tidak akan keluar darimu. (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

Kesembilan, umat Muhammad shallallahu’alaihi wa sallam

Umat ini adalah umat terakhir di ujung zaman dekat dengan kiamat yang menjadi penutup kehidupan dunia semua, tetapi Allah memilih umat ini menjadi umat yang paling baik ketika umat ini mau beriman dan menjalankan konskuwensi dari iman itu.

Allah berfirman :

{كُنتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ ۗ وَلَوْ آمَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَّهُم ۚ مِّنْهُمُ الْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ الْفَاسِقُونَ} [آل عمران : 110]

Kalian adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.

Kesepuluh, keimanan dan amal sholeh,

Orang-orang yang mau beriman dan beramal sholeh merekalah sebaik baik makhluk Allah

{إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أُولَٰئِكَ هُمْ خَيْرُ الْبَرِيَّةِ} [البينة : 7]

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk
Keimanan seseorang dan amal sholehnya bisa menjunjung tinggi derajat orang tersebut di sisi Allah

Sebaliknya kekufuran dan kesyirikan menjadikan manusia seburuk buruk makhluk Allah yang ada di muka bumi ini

{إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ وَالْمُشْرِكِينَ فِي نَارِ جَهَنَّمَ خَالِدِينَ فِيهَا ۚ أُولَٰئِكَ هُمْ شَرُّ الْبَرِيَّةِ} [البينة : 6]

Sesungguhnya orang-orang yang kafir dari ahli Kitab dan orang-orang musyrik (akan masuk) ke neraka Jahannam; mereka kekal di dalamnya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk.

Inilah 10 pilihan Allah menjadi paling mulia dari yang lainnya.

Semoga bermanfaat

_______

Di kutip dari berbagai sumber.

***

Ditulis oleh : Muhammad Fathoni Lc

(Alumni Universitas Islam Madinah KSA, fajulfas Dakwah wa Ushuluddin. Pengajar di PP Hamalatulquran Yogyakarta)

Hamalatulquran.com

Info Haji dan Umroh:
umroh dan haji plus


Raih pahala menyampaikan kebaikan, Bagikan:



One thought on “Sepuluh Pilihan Allah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *