Search
Monday 16 December 2019
  • :
  • :

Romadhon Hampir Berlalu, Bagaimana Dengan Target Tilawah Kita?

By : ig

Bismillah…

Banyak diantara kaum muslimin yang punya target tersendiri tiap kali hendak memasuki bulan romadhon, salah satunya target tilawah Al-Quran. Ada yg ingin khatam 1 kali, 2 kali, 3 kali atau bahkan lebih di bulan yang penuh berkah ini. Jika target sudah terpenuhi maka alhamdulillah, namun perlu diingat bahwa meski bulan romadhon berakhir bukan berarti tilawah kita juga berhenti. Masih ada 11 bulan lain yang hendaknya kita hiasi dengan Al-Quran.

Imam Abu Hanifah rohimahulloh pernah menuturkan :

مَنْ قَرَأَ الْقُرْآنَ فِي كُلِّ سَنَةٍ مَرَّتَيْنِ فَقَدْ أَدَّى حقه لِأَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وسلم عَرَضَ عَلَى جِبْرِيلَ فِي السَّنَةِ الَّتِي قُبِضَ فِيهَا مَرَّتَيْنِ.

“Barangsiapa yang mengkhatamkan alquran sebanyak 2 kali dalam setahun maka ia telah menunaikan hak Al-Qur’an. Karena Nabi Muhammad shollallahu ‘alaihi wasallam mengkhatamkan alquran sebanyak 2 kali dihadapan Malaikat Jibril ditahun wafatnya beliau.”

Senada dengan yang disampaikan Abu Hanifah, Abu Al Laits juga berkata :

يَنْبَغِي لِلْقَارِئِ أَنْ يَخْتِمَ فِي السَّنَةِ مَرَّتَيْنِ إِنْ لَمْ يَقْدِرْ عَلَى الزِّيَادَةِ.

” Sudah seoantasnya bagi seseorang untuk mengkhatamkan Al-Quran sebanyak 2 kali dalam setahun jika memang tidak bisa lebih dari itu”

Oleh sebab itu, hendaknya setiap dari kita minimal mengkhatamkan Al-Quran sebanyak 2 kali dalam setahun, ingat dalam setahun, bukan 2 kali seumur hidup.
Sehingga jika di bulan romadhon kita khatam 1 kali, maka minimal di 11 bulan yg akan datang kita khatamkan 1 kali juga.

Mari kita hitung bersama :

11 bulan kurang lebih sekitar 325 hari (hijriyah).

jumlah halaman Al-Quran sekitar 600-an halaman.

Maka jika dalam satu hari kita membaca minimal 2 halaman mushaf, insya Allah dalam 11 bulan kita sudah khatam 1 kali. Jika ingin lebih, maka tinggal dikalikan saja.

Mari kita isi hari2 kita dengan Al-Quran. 24 jam dalam sehari semalam tentu sangat cukup untuk kita sisihkan sebagiannya dalam rangka tilawah Al-Quran.

wallahu a’lam.

_________

Referensi :
Al itqon fi ‘ulumil quran karya As Suyuthi rohimahulloh.

***

Ditulis oleh : Afit Iqwanudin, A.Md, Lc
(Alumni PP Hamalatulqur’an Yogyakarta, Mahasiswa Pascasarjana jurusan Ilmu Qiro’at, Fakultas Qur’an di Universitas Islam Madinah KSA)

Hamalatulquran.com




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *