Home Info Musabaqah Hifdzul Quran PP Hamalatul Quran

Musabaqah Hifdzul Quran PP Hamalatul Quran

78
0

Musabaqah Hifdzul Quran PP Hamalatul Quran

Alhamdulillah puji syukur kita haturkan kepada Allah Ta’ala atas segala limpahan kenikmatan yang telah Allah berikan kepada kita semua. Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wasallam, beserta keluarganya, para sahabatnya dan para pengikutnya yang senantiasa menjalankan sunnah-sunnah beliau hingga akhir zaman kelak.

Pesantren Hamalatul Quran adalah lembaga pendidikan yang mengutamakan hafalan al-quran. Seluruh santri dididik agar senantiasa menghafal, mempelajari dan mengamalkan isi kandungan al-quran untuk diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari. Para santri dibimbing untuk senantiasa menjaga hafalan yang telah dihafalnya dengan diterapkannya murajaah fardiyah dan sunna’iyyah setiap harinya. Disamping itu diadakan pula tasmi’ mingguan yang diadakan setiap hari jum’at dengan sistem bergilir.

Selain itu, untuk menambah semangat santri dalam memuroja’ah hafalannya, mulai bulan februari 2012 pesantren mengadakan lomba atau musabaqah hifdzul quran yang diikuti seluruh santri pesantren Hamalatul Quran pada ahad pertama setiap bulannya. Sistemnya ialah semua santri dibagi menjadi delapan atau sepuluh kelompok, kemudian masing-masing kelompok ditunjuk seorang penguji dari musyrif halaqot, lalu masing-masing kelompok dipilih dua orang terbaik dari kelompok tersebut. Babak selanjutnya, dua orang terbaik dari masing-masing kelompok disatukan dan diacak lagi menjadi empat kelompok. Lalu masing-masing kelompok diambil satu orang terbaiknya, sehingga menyisahkan empat peserta. Kemudian untuk menentukan juara 1,2,3 dan 4, keempat peserta tadi dites untuk ketiga kalinya,akan tetapi tes yang ketiga ini dilaksanakan di depan seluruh santri. Sehingga terpilihlah juara 1,2,3 dan 4. Kemudian hadiah diberikan kepada para juara ketika Pengajian ahad ke 2 yang diadakan setiap bulannya di Pesantrean Hamalatul Quran.

Adapun  rincian hadiah untuk masing – masing pemenang adalah :

NO

JUARA

HADIAH

1 JUARA 1 Rp 100.000;-
2 JUARA 2 Rp 75.000;-
3 JUARA 3 Rp 50.000;-
4 JUARA 4 Rp 25.000;-

Inilah beberapa pemenang lomba mulai dari bulan Februari sampai April 2012 :

Bulan Februari (Juz 30 & 29)

NO

JUARA

NAMA

KELAS

1 JUARA 1 Kholid Abdurrahman 1 salafiyah
2 JUARA 2 M Faizal Amri 1 salafiyah
3 JUARA 3 Ali Rohani 3 salafiyah
4 JUARA 4 Ibrohim Jundulloh Fahmi 1 Aliyah

Bulan Maret (Juz 1 & 2)

NO

JUARA

NAMA

KELAS

1 JUARA 1 Saiful Haq 1 salafiyah
2 JUARA 2 Kholid Abdurrahman 1 salafiyah
3 JUARA 3 Azza Saifa 3 salafiyah
4 JUARA 4 Ahmad Faqihuddin 2 Aliyah

Bulan April (Juz 30,29,1 & 2)

NO

JUARA

NAMA

KELAS

1 JUARA 1 Kholid Abdurrahman 1 salafiyah
2 JUARA 2 Ahmad Rifa’i 3 salafiyah
3 JUARA 3 Saiful Haq 1 salafiyah
4 JUARA 4 M Hasnun 3 salafiyah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here