Search
Thursday 25 April 2019
  • :
  • :

Menguap Saat Membaca Al-Quran

Raih pahala menyampaikan kebaikan, Bagikan:

By @unsplash

Bismillah…

Membaca Al-Quran merupakan amalan yang amat mulia dan memiliki berbagai keutamaan. Bayangkan saja setiap huruf yang kita baca memiliki nilai 10 kebaikan disisi Allah subhanahu wata’ala, sebagaimana sabda Rasululloh shollallohu ‘alaihi wasallam :

 مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ ، وَالحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا، لَا أَقُولُ الم حَرْفٌ، وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Quran maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan tersebut dilipatgandakan menjadi 10 kebaikan, Aku tidak katakana bahwa Alif Laam Miim satu huruf, akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf”

(HR. Tirmidzi, dishahihkan oleh Syekh Albani)

Hadits di atas merupakan salah satu dari banyak hadits yang menjadi motivasi kaum muslimin untuk rajin membaca Al-Quran terutama saat memasuki bulan Romadhon. Siang dan malam dimaksimalkan untuk bertilawah pada bulan yang mulia ini.

Seringkali saat sedang membaca Al-Quran, rasa kantuk menyerang dengan begitu hebat hingga memaksa mulut untuk terbuka dan menguap. Sebagian orang masih terus membaca Al-Quran saat proses menguap sedang terjadi sehingga memicu suara yang sumbang lantaran bercampur dengan kegiatan menguap tadi.

Bagaimanakah para ulama memandang hal ini?

Mujahid rohimahulloh pernah berkata : “Jika engkau menguap saat membaca Al-Quran, maka berhentilah sejenak dari membacanya hingga menguap selesai”

Ikrimah rohimahulloh juga berkata: “Hal tersebut merupakan bentuk pengagungan terhadap Al-Quran”

Rasa kantuk yang menyerang ditengah membaca Al-Quran bisa kita lawan dengan kembali mengambil air wudhu yang insya Allah akan menyegarkan badan dan menambah semangat dalam membaca Al-Quran.

Semoga Allah ta’ala memudahkan kita untuk istiqomah dalam membaca kitab-Nya.

________

Referensi :

Ar Ri’ayah litajwid al qiroah wa tahqiq lafdzi at tilawah, karya : Makki bin Abi Tholib rohimahulloh.

Ditulis oleh : Afit Iqwanudin, A.Md

(Alumni PP Hamalatulqur’an Yogyakarta, mahasiswa Pascasarjana jurusan Ilmu Qiro’at, Fakultas Qur’an di Universitas Islam Madinah KSA)

Hamalatulquran.com

***

Mari bergabung menanam saham Jariyah dalam pembangunan PP Tahfidz Hamalatul Qur’an, Sanden, Bantul.

Klik gambar :

Peluang Amal Jariyah:
umroh dan haji plus


Raih pahala menyampaikan kebaikan, Bagikan:



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *