Search
Friday 19 July 2019
  • :
  • :

Lima Fakta Menarik Seputar Syatibiyah

Raih pahala menyampaikan kebaikan, Bagikan:

Bismillah..

Syatibiyah adalah kumpulan ribuan bait syair yang menerangkan tentang ilmu Qiroat. Dalam bahasa pelajar disebut matan. Matan ini menjadi materi yang wajib dipelajari oleh setiap penuntut ilmu yang ingin mendalami ilmu Qiroat.

Pertama, tuna netra sejak lahir.

Pengarang dari matan ini lahir dalam keadaan buta kedua matanya, sebagaimana diceritakan oleh Imam Ibnul Jazary rohimahulloh.

Namun ada juga yg berpendapat bahwa ulama yg bernama Al Qosim bin Fîroh Asy syatiby rohimahulloh ini lahir dalam keadaan bisa melihat, kemudian Allah ta’ala mengujinya dengan mengambil penglihatannya.

Kedua, nama asli.

Nama asli dari matan ini adalah :

حرز الأماني ووجه التهاني

Seakan beliau katakan bahwa siapa saja yg ingin meraih mimpi untuk menjadi seorang Qori, maka karya beliau ini dengan senang hati akan membantu mewujudkan impian tersebut.

Ia dikenal dengan “Matan Syatibiyah” karena sang penulis berasal dari “Syatibah”, sebuah daerah di kota Andalus.

Ketiga, jumlah bait yang tak sedikit

Matan ini terdiri dari 1173 bait. Walaupun terlihat cukup banyak, namun karya satu ini mendapat sambutan yg sangat menakjubkan dari para ulama & penuntut ilmu.

Oleh karenanya meskipun banyak karya ulama lain yang lebih singkat dari syatibiyah, akan tetapi matan satu ini tetap menjadi pilihan utama di hati para pecinta ilmu qiroat.

Keempat, sang induk.

Induk dari matan ini adalah kitab “At Taisir fil qiroat as-sab'”. Kitab ini ditulis oleh seorang ulama Andalus bernama Abu ‘Amr Ad Dani rohimahulloh (wafat tahun 444 H).

Sebelum lahirnya matan syatibiyah, para penuntut ilmu asal Andalus & Maghrib biasa menghafalkan kitab ini kata demi kata. Padahal jumlahnya ratusan halaman dan semuanya dalam bentuk makalah, bukan bait-bait syair.

Tak bisa dibayangkan jika penuntut ilmu di zaman ini harus menghafal kitab yg satu ini agar bisa menguasai ilmu qiroat, berapa banyak kira-kira yg sanggup??

Kelima, memuat berbagai cabang ilmu

Matan ini memang berisi ilmu qiroat, namun jangan salah, sebab ia juga mengandung berbagai cabang ilmu yang lain.

Disela-sela penjelasan seputar qiroat, sang pengarang biasa memasukkan berbagai faedah menarik. Bahkan para ulama menghitung setidaknya ada 10 cabang ilmu yang disisipkan dalam karya menakjubjan ini.

Diantara faedah yg disisipkan adalah seputar nasehat, pengobatan dan bahkan puisi cinta. Ya, puisi cinta yg ditujukan kepada bidadari surga. Menarik bukan??

Dan masih banyak fakta-fakta lain seputar matan fenomenal ini.

***

Ditulis oleh : Afit Iqwanudin, Amd

(Alumni PP Hamalatulqur’an Yogyakarta, yang saat ini sedang study S1 di Universitas Islam Madinah KSA, Fakultas Qur’an)

Hamalatulquran.com

Peluang Amal Jariyah:
umroh dan haji plus


Raih pahala menyampaikan kebaikan, Bagikan:



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *