Search
Thursday 17 October 2019
  • :
  • :

Kenalilah Nabimu #1 : Ungensi Mempelajari Sirah Nabawiyah

Raih pahala menyampaikan kebaikan, Bagikan:

Wahai kaum Muslimin rahimakumullah !
Sesungguhnya di antara sebaik-baik cara memanfaatkan waktu dan menyibukkan diri adalah dengan mempelajari perjalanan hidup Nabi Muhammad shallallaahu ’alaihi wa sallam yang harum nan indah, serta hari-hari beliau yang selalu kekal (terus dikenang), Sebab, hal itu dapat membuat kaum muslimin seolah-olah hidup pada kejadian-kejadian besar yang dialami kaum muslimin dahulu, serta dapat membuat mereka berangan-angan, seolah-olah mereka adalah satu diantara orang-orang yang mulia yaitu para shahabat radhiyallahu ‘anhum yang tegak di atas bahu mereka ini mahligai kemuliaan dan semangat kepahlawanan yang menggelora.

Dalam perjalanan hidup Nabi, seorang Muslim dapat mengenal lebih jauh sisi kepribadian beliau, cara hidup, serta metode dakwah beliau, baik dibsaat damai maupun di saat perang.

Selain itu, seorang Muslim jug dapat mencari titik lemah maupun kekuatan, serta sebab-sebab datangnya pertolongan ataupun kekalahan, sekaligus tata cara menghadapi peristiwa maupun masalah sebesar apapun itu.

Mempelajari perjalanan hidup Nabi Muhammad shallallaahu ’alaihi wa sallam dapat membantu kaum Muslimin untuk membangun kepercayaan diri mereka, serta keyakinan mereka bahwa Allah Subhanahu wa ta’ala akan selalu bersama mereka dan akan selalu menolong mereka, jika mereka benar-benar melakukan penghambaan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala serta tunduk kepada syariat-Nya. Allah ta’ala berfirman,

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ إِن تَنصُرُواْ ٱللَّهَ يَنصُرۡكُمۡ وَيُثَبِّتۡ أَقۡدَامَكُمۡ

Wahai orang-orang yang beriman! Jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.” (QS. Muhammad : 7)

Dalam ayat lain Allah ta’ala berfirman,

إِنَّا لَنَنصُرُ رُسُلَنَا وَٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ فِي ٱلۡحَيَوٰةِ ٱلدُّنۡيَا وَيَوۡمَ يَقُومُ ٱلۡأَشۡهَٰدُ

Sesungguhnya Kami akan menolong rasul-rasul Kami dan orang-orang yang beriman dalam kehidupan dunia dan pada hari tampilnya para saksi (hari Kiamat).” (QS. Ghafir: 51)

Lembaran-lembaran ini ibarat kumpulan goresan pena yang sederhana tentang perjalanan hidup nabi Muhammad shalallahu alaihi wa sallam ynng bertujuan sebagai pembuka jalan bagi para pemuda islm untuk belajar lebih dalam tentang perjalanann hidup Nabi shalallahu alaihi wa sallam.

Syeikh Muhammd Hamid Al Faqi berkata: “Setiap muslim dewasa ini sangat membutuhkn akan siroh Nabawiyah agar dapat keluar dari kegelapan menuju cahaya, dari kesesatan menuju petunjuk, dari penyelewengan menuju bimbingnn yang lurus, dari kebodohan menuju sikap kebijaksanaan.”

Syeikh Abdurazzaq bin Abd Muhsin hafidzahullah berkata,

أن دراسة سيرة النبي عليه الصلاة والسلام باب عظيم مبارك من أبواب السعادة, بل إن السعادة متوقفة على معرفة هدي النبي صلى الله عليه وسلم ، فلا سعادة إلا بسلوك نهجه ولزوم هديه صلوات الله وسلامه وبركاته عليه 

“Mempelajari Sirah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam adalah pintu berkah menuju gerbang kebahagiaan. Bahkan kebahagiaan seseorang tergantung pada sejauh mana ia mengetahui petunjuk-petunjuk Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Karena tidak ada jalan menuju kebahagiaan (bagi seorang muslim) kecuali melalui petunjuk Rasulullah -semoga shalawat, salam dan berkah senantiasa tercurah untuk beliau-.”

Wallahu  ta’ala a’lam

 

Referesnsi :

 

Ditulis Oleh : Muhammad Fatwa Hamidan


Raih pahala menyampaikan kebaikan, Bagikan:


Alumni Pondok Pesantren Hamalatul Quran Yogyakarta. Saat ini sedang menempuh study di Universitas Islam Madinah, Fakultas Syariah


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *