Search
Thursday 23 May 2019
  • :
  • :

Jadilah Penghafal Al-Quran yang Tahan Banting

Raih pahala menyampaikan kebaikan, Bagikan:

@unsplash

Bismillah…

Perjalanan menuntut ilmu membutuhkan kesabaran agar tetap kuat berada dalam barisan, salah satunya dalam menghafal Al-Quran. Kesulitan menghafal, rasa futur dan malas terkadang menghampiri. Belum lagi kesulitan dalam menjaga hafalan yang terkadang lebih berat dari saat menghafal pertama kali.

Itu hal yang biasa kawan.

Sebab sesuatu yang istimewa butuh perjuangan untuk bisa meraihnya. Tak semudah membalikkan tangan dan berleha-leha.

Ustadz, sulit sekali rasanya untuk ngafal, sepertinya saya tidak cocok jadi penghafal Al-Quran”

Kalimat di atas atau yang serupa terkadang meluncur dari sebagian penghafal Al-Quran. Atau mungkin saja kita sendiri pernah dihinggapi pemikiran yang serupa. Ingatlah, itu merupakan was-was dari setan. Ia senang meracuni hati anak adam dengan keputusasaan.

Engkau harus kuat, lawan dan jangan pernah menyerah.

Pilihanmu hanya dua, tetap bersabar atau mengibarkan bendera putih sebagai tanda menyerah yang nantinya akan kau sesali.

Ketahuilah, sudah banyak yang mengambil pilihan kedua dan terjerembab dalam lubang penyesalan. Mereka berhenti di tengah jalan karena tak kuat melanjutkan safar atau tergoda dengan iming-iming dunia yang terlihat di sepanjang jalan.

Wahai kawan …

Menjadi penghafal Al-Quran adalah perjalanan seumur hidup. Selesai 30 juz bukan berarti telah sampai di garis finish. Bahkan kesulitan yang sesungguhnya justru baru akan dimulai. Rasa malas untuk murojaah biasanya jauh lebih dahsyat dari saat menghafalnya. Hingga akhirnya banyak yang menyerah dan puas dengan predikat “Pernah Hafal Al-Quran“.

Jika engkau merupakan salah satunya, maka segeralah sadar. Jangan tunda untuk kembali masuk dalam rombongan. Masih ada kesempatan untuk ikut melanjutkan perjalanan. Raihlah kemuliaan dengan menjadi Ahlul Quran.

Semoga Allah ta’ala memudahkan kita untuk tetap Istiqomah dalam menjaga Al-Quran.

***

Ditulis oleh : Afit Iqwanudin, A.Md

(Alumni PP Hamalatulqur’an Yogyakarta, mahasiswa Pascasarjana jurusan Ilmu Qiro’at, Fakultas Qur’an di Universitas Islam Madinah KSA)

Hamalatulquran.com

______

Mari bergabung menanam saham Jariyah dalam pembangunan PP Tahfidz Hamalatul Qur’an, Sanden, Bantul.

Klik gambar :

Peluang Amal Jariyah:
umroh dan haji plus


Raih pahala menyampaikan kebaikan, Bagikan:



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *