Home Artikel Anakku Bersamaku hanya Sampai Setingkat SD

Anakku Bersamaku hanya Sampai Setingkat SD

1553
0

Bismillah walhamdulillah washshalatu wassalamu ala Rasulillah

Seorang anak yang bercita-cita masuk ke pesantren, maka bisa dipastikan ia akan bersama orangtua di rumah hanya sampai SD (sekolah dasar), karena setelah itu ia akan melanjutkan jenjang setara SMP dan SMA di pesantrennya, jika memang ia masuk ke pesantren dari jenjang setara SMP.

Dan setelah itu, meskipun ia akan pulang ke rumah di waktu libur pesantren, tetapi dunianya adalah dunia pesantren, kebanyakan kehidupannya di pesantren bersama para ustadznya.

“BERARTI SEBENARNYA ANAKMU BENAR BENAR BERSAMAMU HANYA SAMPAI SD UMUR 12 TAHUN!”

Oleh karenanya, dibawah ini:

Tujuh Pesan Untuk Orangtua yang Anaknya Masih Kecil (Balita/TK/SD)

1. Mengajari akidah dasar seperti; 3 landasan utama akidah Islam (Al Ushul Ats Tsalatsah) dan 4 Kaedah memahami tauhid dan syirik (Al Qawaidul Arba’), karena ini akan menjadi pondasi saat belajar Akidah di pesantren melalui Kitab Tauhid dan Aqidah Wasithiyyah.

2. Mempersiapkan kelancaran membaca Al Quran bukan hafalannya dan bukan hafalan kaedah ilmu tajwidnya, karena di pesantrenlah ia akan diarahkan menghafal dengan baik dan benar, TETAPI jika memang benar-benar sudah lancar membaca Al Quran dan setelahnya diiringi dengan hafalan Al Quran, maka itu sangat baik.

3. Mengajari tata cara shalat dan tata cara bersuci secara dasar dan sederhana

4. Membiasakan adab dan akhlak Islam, karena dengannya ia akan mudah dan baik bergaul saat di pesantren, sopan kepada temannya dan beradab kepada kyai atau ustadznya.

5. Membiasakan menulis tulisan Arab, walau hanya dengan mencontoh tulisan-tulisan Arab, yang penting bisa menyambung huruf Arab, karena sangat membantu saat belajar di Pesantren.

6. Mengajari beberapa bacaan doa dan dzikir primer bagi seorang muslim; dzikir setelah shalat, dzikir dan doa keseharian, doa-doa umum.

7. Membiasakan hidup mandiri, baik berkaitan dengan pakaian, makanan dan keperluan lainnya.

Semoga bermanfaat

Ttd.
Pimpinan Pesantren yang anaknya nyantri di pesantren lain.
#semogaberhasilanakku
Pondok Pesantren Hamalatul Quran

__

Tulisan : Ustadz Ahmad Zainuddin Al-Banjari -hafidzohullah-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here